Tutorial Membuat Game Dino di Scratch dan Memahami Logika Programnya |
Scratch adalah platform pemrograman visual yang dirancang untuk memudahkan siapa saja, terutama pemula dan anak-anak, belajar coding dengan cara yang menyenangkan. Dalam artikel ini, kita akan membuat game sederhana seperti Dino Game (game dinosaurus yang melompat rintangan) menggunakan Scratch. Proyek ini akan membantu Anda memahami dasar-dasar logika pemrograman, seperti event handling, loops, dan variabel.
Langkah 1: Persiapan Proyek di Scratch
1. Buka Scratch
-
Masuk ke [scratch.mit.edu](https://scratch.mit.edu) dan pilih "Buat"
untuk memulai proyek baru.
2. Atur Latar Belakang (Background)
-
Pilih tab Latar Belakang (Backdrop).
-
Klik tombol Pilih Latar Belakang dan pilih "Padang pasir" atau latar
lain yang sesuai tema.
3. Tambahkan Sprite Dino
-
Klik tombol Pilih Sprite.
-
Cari dinosaurus atau tambahkan gambar yang sesuai. Jika tidak ada, Anda bisa
menggambar sprite dinosaurus di editor Scratch.
4. Tambahkan Rintangan
-
Tambahkan sprite baru, misalnya kaktus atau batu, untuk menjadi rintangan.
Langkah 2: Koding Karakter Dino
# Gerakan Melompat
1. Pilih sprite Dino dan buka tab Kode.
2. Tambahkan skrip berikut:
```blocks
ketika [spasi] ditekan
jika
<di tanah?> maka
ulangi (10)
ubah y sebesar (10)
ulangi (10)
ubah y sebesar (-10)
```
-
Logika ini membuat dino melompat dengan simulasi gravitasi sederhana.
3. Tambahkan sensor untuk memastikan Dino
tidak melompat dua kali:
```blocks
buat
variabel [di tanah]
atur
[di tanah] ke [benar]
ketika [spasi] ditekan
jika
<(di tanah) = [benar]> maka
atur [di tanah] ke [salah]
ulangi (10)
ubah y sebesar (10)
ulangi (10)
ubah y sebesar (-10)
atur [di tanah] ke [benar]
```
Langkah 3: Menambahkan Gerakan Rintangan
1. Pilih sprite Rintangan.
2. Tambahkan skrip ini untuk membuat rintangan
bergerak dari kanan ke kiri:
```blocks
ketika [bendera hijau] diklik
ulangi selamanya
pergi ke x: (240) y: (-100)
ulangi sampai <(x posisi) < (-240)>
ubah x sebesar (-10)
```
```blocks
jika
<(x posisi) < (-240)> maka
pergi ke x: (240) y: (-100)
```
Langkah 4: Deteksi Tabrakan
1. Tambahkan kode pada sprite Dino untuk
mendeteksi tabrakan:
```blocks
ketika [bendera hijau] diklik
ulangi selamanya
jika <menyentuh [Rintangan]> maka
berhenti [semua]
```
Langkah 5: Tambahkan Sistem Skor
1. Buat variabel baru bernama Skor.
2. Tambahkan kode berikut di sprite Dino:
```blocks
ketika [bendera hijau] diklik
atur
[Skor] ke [0]
ulangi selamanya
tunggu (1) detik
ubah [Skor] sebesar (1)
```
Langkah
6: Menyempurnakan Game
- Tambahkan efek suara saat Dino melompat atau
saat game berakhir.
- Tambahkan tantangan, seperti rintangan yang
semakin cepat.
- Gunakan sprite yang lebih kreatif untuk
meningkatkan estetika game.
Video tutorial: dalam video berikut mungkin tidak sama persis dengan penjelasan diatas namun secara garis besar logika programnya hampir sama. Silakan teman-teman modifikasi sendiri untuk bisa mengembangkan permainannya.
Membuat game Dino di Scratch adalah cara yang menyenangkan untuk belajar pemrograman. Dengan mengikuti tutorial ini, Anda telah mempelajari dasar-dasar coding seperti logika, perulangan, variabel, dan interaksi antar sprite. Selamat mencoba, dan jangan ragu untuk bereksperimen dengan fitur lainnya! 😊