Scratch adalah platform pemrograman visual yang memungkinkan pengguna membuat proyek interaktif, termasuk game sederhana. Salah satu ide menarik adalah membuat game di mana pemain mengendalikan seekor kucing untuk menangkap tikus dalam batas waktu tertentu. Proyek ini cocok untuk pemula karena menggunakan logika dasar pemrograman seperti gerakan, kondisi, dan pengatur waktu.
Video Langkah-langkah Membuat Game
Langkah-langkah Membuat Game
1. Persiapkan Sprite
- Kucing:
- Gunakan sprite bawaan Scratch bernama "Cat" atau pilih sprite lain sesuai keinginan.
- Tikus:
- Pilih sprite "Mouse" dari perpustakaan atau gambar sendiri.
- Latar Belakang:
- Tambahkan latar belakang seperti taman, dapur, atau ruangan yang sesuai dengan tema permainan.
2. Buat Gerakan Kucing
Agar pemain dapat mengontrol kucing:
- Klik pada sprite Kucing.
- Gunakan blok berikut untuk mengatur kontrol kucing dengan panah keyboard:
Blok ini memungkinkan kucing bergerak ke atas, bawah, kanan, dan kiri.When [up arrow] key pressed Change y by (10) When [down arrow] key pressed Change y by (-10) When [right arrow] key pressed Change x by (10) When [left arrow] key pressed Change x by (-10)
3. Tambahkan Gerakan Tikus
Agar tikus bergerak secara acak:
- Klik pada sprite Tikus.
- Tambahkan skrip berikut:
Tikus akan terus berpindah ke posisi acak setiap detik.When [green flag] clicked Forever Go to random position Wait (1) seconds
4. Tambahkan Logika Penangkapan
Untuk menentukan apakah kucing berhasil menangkap tikus:
- Pada sprite Kucing, tambahkan skrip:
Blok ini akan menambah skor setiap kali kucing menyentuh tikus, lalu tikus akan berpindah posisi.When [green flag] clicked Forever If <touching [Mouse v]> then Play sound [Meow v] Change [Score v] by (1) Go to [random position] End
5. Tambahkan Pengatur Waktu
Buat pengatur waktu agar pemain hanya memiliki batas waktu tertentu:
-
Buat variabel baru bernama Timer.
-
Tambahkan skrip pada sprite mana pun:
When [green flag] clicked Set [Timer v] to (30) Repeat until <(Timer) = (0)> Wait (1) seconds Change [Timer v] by (-1) End
-
Tambahkan logika untuk mengakhiri permainan jika waktu habis:
When [Timer v] = (0) Stop [all]
6. Tambahkan Skor
Buat variabel baru bernama Score untuk mencatat skor pemain. Variabel ini akan diubah setiap kali tikus tertangkap.
Pengembangan Lanjutan
- Level Up: Tambahkan level baru dengan tikus yang bergerak lebih cepat.
- Rintangan: Tambahkan rintangan yang harus dihindari kucing.
- Sound Effect: Gunakan efek suara untuk membuat game lebih menarik.
- Animasi: Beri animasi seperti tikus melompat atau kucing mengeong saat bergerak.
Kesimpulan
Game "Kucing Menangkap Tikus" adalah proyek sederhana yang mengajarkan dasar-dasar pemrograman Scratch, seperti pengendalian sprite, penggunaan variabel, dan logika kondisi. Dengan kreativitas, game ini dapat dikembangkan lebih menarik dan menantang.
Coba buat sekarang di Scratch dan kembangkan idemu! 😊